Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Paul A Samuelson

Ilmu ekonomi sangat erat kaitannya dengan upaya untuk kesejahteraan seseorang karena mampu mengelola sumber daya yang ada, untuk memuaskan kebutuhannya. Ilmu ekonomi bermanfaat untuk dipelajari, karena dalam kehidupan kita tidak dapat lepas dari kegiatan ekonomi, kegiatan ekonomi ini meliputi kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Paul A Samuelson
Paul Anthony Samuelson (lahir di Gary, Indiana, 15 Mei 1915 – meninggal di Belmont, Massachusetts, 13 Desember 2009 pada umur 94 tahun) ialah ekonom Amerika Serikat. Samuelson terkenal berkat bukunya yang berjudul Foundations of Economic Analysis, yang secara besar-besaran menambah penggunaan matematika dalam ekonomi. Baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Metode Kuesioner

Pengertian ilmu ekonomi

Menurut Prof. Paul Anthony Samuelson adalah ilmu yang mempelajari tentang individu dan juga msayrakat yang membuat pilihan dengan memanfaatkan sumber daya yang sangat terbatas dan mengupayakan sumber daya tersebut dengan berbagai cara agar bisa menghasilkan barang dan jasa kemudian mendistribusikannya kepada konsumen untuk dikonsumsi, baik digunakan pada saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Secara umum ilmu ekonomi terbagi dua, yaitu : ekonomi mikro dan makro.
  • Ekonomi mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian kecil ekonomi seperti perilaku individu-individu, perilaku konsumen, perilaku produsen, harga, dll. 
  • Ekonomi makro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari keseluruhan perekonomian baik suatu negara / daerah seperti inflasi, kemiskinan, neraca.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Paul A Samuelson"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel