close

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Kewirausahaan menurut para ahli pada umumnya adalah orang yang memiliki keahlian dalam melihat dan menilai kesempatan-kesempatan dalam berbisnis serta mengumpulkan sumber-sumber daya yang bertujuan untuk mengambil keuntungan dari padanya dan menentukan tindakan apa yang akan diambil untuk menuju kesuksesan itu.

Suatu Negara baru bisa dikatakan Negara sebagai negara maju ketika jumlah wirausahawan pada Negara tersebut telah mencapai 14% dari jumlah penduduknya. Dari pernyataan itu saja kita bisa melihat bahwa seberapa berpengaruhnya wirausaha dalam kehidupan suatu Negara. Namun sayangnya masih saja banyak orang yang belum mengerti apa arti dari wirausaha itu.

Baca juga: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Paul A Samuelson

Kewirausahaan dalam bahasa Inggrisnya disebut entrepreneur yang berarti melakukan. Di dalam konteks bisnis, itu berarti melakukan atau memulai bisnis. Untuk pengertian wirausaha menurut para ahli memang sangat banyak dan memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Jika seorang wirausaha paham akan arti kewirausahaan dan pandai dalam mempelajarinya, maka orang tersebut akan mendapatkan dua unsur yaitu peluang dan kesempatan. Tidak hanya dalam aspek bisnis saja, wirausaha mencakup semua aspek pekerjaan baik itu sebagai karyawan maupun di dalam bidang pemerintahan. Lantas bagaimana pengertian kewirausahaan menurut tokohnya?

1. Arif F. Hadipranata

Wirausaha merupakan sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan financial maupun non financial.

2. Thomas W Zimmerer

ThomKewirausahaan ialah penerapan keinovasian & kreativitas untuk pemecahan masalah & memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

3. Andrew J Dubrin

Seseorang yang menjalankan dan mendirikan suatu usaha yang inovatif.

4. Robbin & Coulter

RoKewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi & keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

5. Jean Baptista Say

Seorang wirausahawan ialah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari yang diproduksinya.

6. Penrose

Kegiatan kewirausahaan mencakup berbagai peluang yang teridentifikasi didalam suatu sistem ekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan berbeda dengan kapasitas manajerial.

7. Raymond

Wirausaha ialah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

8. Kasmir

Wirausaha ialah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

9. Harvey Leibenstein

Kewirausahaan mencakup berbagai kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan & menciptakan perusahaan pada saat dimana pasar belum terbentuk / belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen fungsi produksinya belum teridentifikasi secara penuh.

10. Peter F Drucker

Sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru & berbeda.

11. Kathleen

Menjelaskan bahwa wirausaha ialah seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

12. Acmad Sanusi

Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang diwujudkan didalam perilaku yang menjadi dasar tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses dan hasil bisnis.

13. Soeharto Prawiro

Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha & perkembangan usaha.

14. Frank Knight

Seorang wirausahawan mencoba untuk menyikapi & memprediksi perubahan pasar. Penjelasan ini menekankan peranan seorang wirausahawan dalam menghadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seorang wirausahawan disyaratkan untuk melakukan semua fungsi manajerial mendasar seperti pengawasan & pengarahan.

15. Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz

Wirausaha ialah seorang yang mempunyai inovasi untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa di jual, mampu memberikan nilai plus lewat usaya, biaya, waktu dan kecakapan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

16. Joseph Schumpeter

Wirausaha ialah seseorang yang mendapat peluang & menciptakan suatu organisasi untuk mengejar sebuah peluang tersebut.

17. Dan Stein dan Jhon F.Burgess

Wirausaha ialah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola dan berani mengambil resiko untuk menciptakan sebuah peluang usaha & usaha baru.

18. Menurut J.B Say

Wirausaha ialah pengusaha yang dapat mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki secara ekonomis & meningkatkan produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

19. Richard Cantillon (1775)

Menurut Richard Cantillon Kewirausahaan adalah pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko atau ketidakpastian.

20. Raymond W.Y. Kao

Wirausaha adalah orang yan gmapu menciptakan dan merangcang suatu gagasan menjadi realita.

21. Schumpeter

Wirausaha adalah inovator yang tidak selalu menjadi inventor (penemu).

22. Syamsudin Suryana

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.

23. Prawirokusumo

Menurut Prawirokusumo Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

24. Penrose (1963)

Kewirausahaan adalah termasuk peluang dalam sistem ekonomi.

25. F. Hadiputra

Wirausaha adalah sosok pengambil resiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan finansial ataupun non uang.

26. Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor. 961/KEP/M/XI/1995

  • Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan.
  • Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan sesorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

27. Richard Cantillon

Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomi dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.

28. Wikipedia

Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.

29. Israel Kirzner (1979)

Wirausahaan mengenali dan berbuat terhadap peluang pasar.

30. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio

Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.

Tinggalkan komentar