Waspadai Kesehatan Mata Karena Penggunaan Gadget Berlebihan


Penggunaan gadget sudah tidak bisa dihindari lagi. Laptop atau ponsel jadi sahabat berbagai aktifitas mulai dari mengerjakan tugas sekolah sampai jadi sumber mata pencaharian. Dari kegiatan santai seperti nonton film atau menyaksikan pertandingan bola sampai kebutuhan profesional seperti melakukan meeting atau wawancara kerja.

Masalah Mata karena Pakai Gadget Berlebihan

Mata adalah bagian tubuh yang terpengaruh dengan penggunaan gadget berlebihan. Masalah penglihatan karena melihat layar digital terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan mata digital. Waspadai kesehatan mata bila mata menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut.

Mata Berair

Mata dengan secara normal berkedip dan mengairi mata sehingga menjaga kualitas penglihatan. Menatap layar laptop maupun gadget menyebabkan otot mata tidak berkedip sebanyak semestinya. Hal ini yang menyebabkan mata berair dan melumasi mata secara otomatis.

Kalau mata berair maka pejamkan mata sejenak saat memakai gadget. Karena hal tersebut terjadi karena kurangnya pasokan air pada mata maka bisa disiasati dengan berkedip lebih sering. Hentikan dahulu kegiatanmu dan beri waktu mata untuk beristirahat.

Penglihatan Kabur

Jangan abaikan saat mata memberikan peringatan kalau sudah terlalu lelah. Anda bisa mengalami penglihatan yang kabur atau ganda. Hal ini sangat mungkin disebabkan terlalu lama berada di depan layar komputer.

Sesuaikan pencahayaan dalam ruangan, pastikan tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Pencahayaan pada layar juga perlu diatur agar tidak terlalu terang. Bias cahaya dari gadget mengeluarkan warna kebiruan yang berbeda dengan cahaya matahari alami. Jadi sering-sering untuk berkedip, memejamkan mata atau sejenak memandang ke pemandangan yang menyejukkan seperti tanaman hijau atau langit biru.

Mata Merah

Penggunaan gadget identik dengan bergadang dan kurang tidur. Hal ini bisa dikarenakan lupa waktu karena terlalu asyik browsing, menggunakan sosial media atau bermain game. Biasanya orang lain yang menyadari bahwa mata pengguna gadget sudah merah.

Hal ini menandakan mata sudah iritasi dan perlu beristirahat. Walau seringkali mata merah dapat diatasi dengan obat tetes mata, namun bila penyebabnya adalah kelamaan di depan layar benda digital maka hendaknya berhenti pemakaiannya.

Mata Gatal

Salah satu ciri mata yang lelah adalah ketika merasa mata gatal. Kalau Anda tanpa sadar memegang mata dan mengusap-usapnya kemungkinan mata Anda sudah lelah. Mata juga bisa stress apalagi kalau digunakan terus-menerus.

Batasi penggunaan gadget dan perhatikan jarak penggunaan antara mata dan layar. Hindari juga memakai gadget ketikan lingkungan sekitar terlalu gelap. Mata jadi harus berusaha keras untuk dapat melihat.

Sakit Kepala

Kalau Anda sudah sampai sakit kepala berarti Anda sempai mengabaikan berbagai signal kelelahan yang sudah disampaikan mata. Sebelum kepala sampai terasa nyeri terlebih dahulu mata terasa tidak nyaman.

Mulai dari mata yang perih, mengeluarkan air mata tanpa sebab atau sampai pandangan kabur. Segera beri obat tetes mata dan istirahatkan mata segera. Kalau sudah sampai sakit kepala mungkin Anda harus meminum obat atau berkonsultasi dengan dokter. Datangi rumah sakit terdekat atau klinik disekitar Anda. Klinik Mayapada Central Park adalah salah satu pilihan bagi Anda yang berada di Jakarta.

Nah, itulah berbagai gejala yang ditunjukan oleh mata kalau sudah terlalu lama memakai gadget. Bila butuh saran dokter mengenai perawatan dan obat yang tepat, jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi Halodoc. Layanannya lengkap dari saran dokter secara langsung, rekomendasi klinik dan rumah sakit sampai resep yang bisa digunakan. Tunggu apa lagi? Unduk aplikasi ini melalui App Store atau Google Play.

Belum ada Komentar untuk "Waspadai Kesehatan Mata Karena Penggunaan Gadget Berlebihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel