Wajibkah Vaksin Influenza untuk Anak? Cek di SehatQ.com


Anak-anak bisa kena influenza, terutama saat musim hujan dan pancaroba. Namun saat ini sudah ada vaksin influenza yang bisa mencegah anak untuk terserang penyakit ini. Harganya juga lumayan, namun vaksin ini bisa disebut sebagai investasi di bidang kesehatan. Apalagi makin banyak klinik dan Rumah Sakit yang menyediakan vaksin ini.

Vaksin ini memang tidak wajib seperti vaksin hepatitis atau meningitis. Namun bisa ditambahkan ke jadwal imunisasi anak agar ia bisa kebal dan makin sehat. Anak yang sehat akan lebih ceria dan Anda tak lagi takut ketika ia kehujanan, karena tak mudah kena influenza.

Vaksin Influenza pada Anak, Perlu atau Tidak? Cek di SehatQ.com

Jika masih ragu atau butuh info kesehatan seputar influenza, bacalah tips di bawah ini untuk mengetahui manfaat vaksin influenza pada anak:

1. Mencegah Kematian Karena Influenza

Influenza sepintas terlihat penyakit yang sangat sepele. Hidung anak jadi memerah dan keluar ingus. Namun itu baru influenza yang ringan. Jika anak kena influenza parah, ia bisa merasa pusing, susah tidur dan melakukan aktivitas lain. Akibatnya jadi sering rewel dan susah tidur. Influenza juga bisa mematikan jika ia komplikasi dengan penyakit lain.

Waspadalah jika anak punya asma karena jika terkena influenza akan memperburuk keadaannya. Apalagi angka mortalitas akibat penyakit ini lebih dari 650.000 kasus di dunia. Jika Anda benar-benar sayang pada anak, berikan suntikan vaksin ini agar tubuhnya lebih kebal.

2. Wajib untuk Anak yang Punya Gangguan Jantung

Jika anak punya penyakit jantung bawaan, maka wajib diberi vaksin influenza. Penyebabnya karena jika ia kena penyakit ini, akan memberatkan kerja jantung. Kondisi anak jadi makin lemah dan lunglai. Pasti Anda tidak tega melihat anak terlihat lemas dan hidungnya buntu, dan dadanya terasa sakit.

Sebaiknya hubungi dokter dan buat perjanjian untuk datang ke tempat prakteknya. Beri vaksin flu agar tubuhnya makin sehat. Anda tak jadi khawatir akan kesehatan anak dan tinggal meningkatkan imunitasnya dan menjaga pola makan, agar jantungnya tak lagi bermasalah.

3. Mengurangi Resiko Tertular Virus Covid-19

Di masa pandemi, anak-anak lebih rawan tertular corona. Ketika vaksin corona belum diedarkan ke publik, maka cara mencegahnya adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Misalnya dengan memberi suplemen imunitas atau multivitamin yang bisa dibeli di Toko pada situs SehatQ.com. Vaksin influenza secara tidak langsung mengurangi resiko tertular corona, karena anak akan memiliki imunitas terhadap penyakit yang menyerang pernapasan.

4. Vaksin Influenza Wajib Diberikan pada Anak Penderita Diabetes

Jika Anda punya penyakit diabetes, maka kemungkinan anak akan punya resiko diabetes juga. Selain mengatur pola makan dan minumnya, bawa anak ke klinik terdekat untuk mendapatkan vaksin flu. Lantas apa hubungan antara gula darah, keturunan diabetes, dengan penyakit flu?

Jika anak punya gula darah tinggi, maka jika kena influenza, resikonya akan makin tinggi, karena virus memperparah kondisi tubuh. Ketika terjadi komplikasi, maka anak akan sangat menderita. Oleh karena itu, lebih baik mencegah anak sakit flu, sebelum kondisinya benar-benar drop karena gula darahnya juga tidak stabil.

Berikan vaksin influenza pada anak karena bisa meningkatkan imunitasnya, apalagi jika Anda tinggal di daerah yang dingin dan sering hujan. Vaksin ini bisa mencegah resiko kena flu dan mencegah terjadinya komplikasi pada anak. Apalagi jika ia punya penyakit asma, diabetes, dan jantung bawaan. Ketika kena influenza akan memperparah kondisinya.

Belum ada Komentar untuk "Wajibkah Vaksin Influenza untuk Anak? Cek di SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel