Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Bunga Mawar

Ciri Ciri Bunga Mawar

Tanaman mawar merupakan tanaman yang berasal dari genus rose. Nama rose ini juga dipakai untuk penamaan tanaman ini. Tanaman mawar dapat digolongkan kedalam mawar liar atau wild rose atau mawar persilangan. 

Berikut adalah ciri-ciri tanaman mawar yang harus Anda ketahui.

Akar

Tanaman mawar memiliki akar yang berbentuk bulat dan memanjang ke dalam tanah. Akar mawar ini memiliki warna dari mulai coklat muda sampai coklat tua. Akar pada tanaman mawar memiliki fungsi yang sama dengan akar pada tanaman lainnya yakni untuk memperkokoh dan juga untuk menyerap sumber hara yang ada di dalam tanah.


Biji dan Buah

Ciri-ciri tanaman mawar memiliki biji yang berwarna pada bagian luarnya kecoklatan sedangkan bagian dalamnya berwarna keputihan. Biji dari tanaman mawar memiliki bentuk oval dan berukuran kecil. Biji mawar dapat dilihat pada bagian bunga yang terlindungi oleh buah.

Baca juga: Peran BPUPKI

Batang

Tanaman mawar memiliki bentuk yang memanjang ke atas dengan diameter yang sangat kecil. Oleh karena itu tanaman ini memiliki duri di batangnya. Duri ini membantu tanaman mawar melindungi dirinya dari para predator yang mengancam. Mawar memiliki batang yang dapat bercabang. Cabang dari batang mawar ini tidak tertentu letaknya.


Daun

Daun mawar termasuk kedalam golongan jenis daun majemuk. Hal ini dikarenakan dalam satu batang tanaman mawar memiliki 5-9 daun. Daun tanaman ini berwarna hijau muda bagi yang tumbuh dan hijau tua untuk warna daun yang sudah lama tumbuh. Rata-rata ukuran daun tanaman mawar 2 sampai 3 centimeter. Pada ujung daun berbentuk bergerigi yang meruncing.


Bunga

Tanaman mawar memiliki 2 jenis kelamin. Terlihat pada bagian bunganya terdapat benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina. Pada bagian tengah bunga terdapat 5 helai mahkota bunga. Untuk keseluruhannya bunga mawar memiliki 20-26 helai mahkota bunga.

Itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri tanaman mawar. Untuk Anda ketahui, mawar yang terdapat di Indonesia termasuk kedalam golongan hybrid tea dan medium.


Ciri Ciri Bunga Mawar - President post

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Bunga Mawar"