5 Daerah Penghasil Bauksit Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Bauksit Terbesar di Indonesia

Bauksit adalah bijih utama dari aluminium. Bauksit ini terdiri dari hydrous aluminium oksida dan aluminium hidroksida. Bauksit ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar dari alumunium, dengan cara dilelehkan terlebih dahulu. Sebelum diolah menjadi aluminium, bijih bauksit dicuci terlebih dahulu. Sudah banyak di Indonesia yang melakukan pertambangan untuk mendapatkan bijih bauksit. Dikarenakan bauksit memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Berikut daerah penghasil bauksit di indonesia.

Daerah Penghasil Bauksit

1. Kalimantan Barat

Kalimantan Barat merupakan daerah di negara Indonesia yang memiliki tambang bauksit. Daerah yang dilewati oleh garis khatulistiwa ini memiliki sejumlah tambang bauksit diantaranya Sandai, Munggu Besar, Pantus, Balai Berkuah, Mebukung, dan wilayah lainnya.

Dengan adanya tambang ini membuat perekonomian warga di sekitarnya menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan bauksit memiliki nilai jual yang cukup lumayan tinggi. Tidak semua lokasi di Kalimantan Barat terdapat sebuah tambang bauksit, sehingga lokasi yang sudah disebutkan diatas dapat dibalik cukup beruntung karena terdapat tambang bauksit.


2. Bangka Belitung

Bangka Belitung menjadi salah satu provinsi daerah penghasil bauksit di indonesia. Tambang bauksit di Bangka Belitung ini memiliki cakupan yang cukup luas. Salah satunya di wilayah Sigembir.

Bauksit yang dihasilkan di tambang yang ada di daerah ini, akan dipanaskan menjadi cair supaya lebih mudah untuk dibentuk. Biasanya bauksit yang dicairkan dibentuk menjadi barang yang setengah jadi.

Baca juga: Daerah Penghasil Emas

3. Pulau Bulan

Pulau yang terletak di Riau ini memiliki sebuah pertambangan bauksit paling baik yang ada di Indonesia. Bauksit merupakan bahan yang dapat digunakan untuk membuat aneka macam peralatan rumah tangga. Hasil bumi berupa bauksit ini telah diproduksi sejak dulu dan terkenal sampai ke ranah internasional.

Tambang yang ada di Pulau Bula ini merupakan tambang bersejarah yang mulai digunakan sejak masa penjajahan. Kualitasnya yang terbaik, menjadikan bauksit Pulau Bulan banyak diekspor ke berbagai negara besar di seluruh dunia.


4. Sumatera Utara

Penghasil bauksit di provinsi Sumatera Utara terletak di Kota Pinang. Untuk mendapatkan bauksit di Kota Pinang ini harus melakukan pembabatan alas terlebih dahulu yang selanjutnya melakukan penggalian.

Setelah lokasi penggalian sampai kepada lokasi yang mengandung bauksit, maka akan dilakukan tahapan selanjutnya yakni pencucian. Bauksit yang sudah melewati proses pencucian, maka selanjutnya adalah tahap mengolah bauksit menjadi barang seperti panci.


5. Pulau Bintan

Pulau Bintan adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Riau di Indonesia, Pulau Bintan terkenal dengan hasil tambang bauksitnya yang sangat banyak. Pada zaman dahulu tepatnya di abad ke 18, Pulau Bintan ini menjadi wilayah yang diperebutkan oleh Inggris, Belanda, dan Portugis.

Pada tahun 1968, semua pertambangan yang ada di Indonesia yang berhubungan dengan bijih bauksit dijadikan satu dalam PT. Aneka Tambang atau Persero atau yang pada masa sekarang terkenal dengan nama PT. Aneka Tambang atau ANTAM.

Baca juga: Bunga Mawar

Untuk mendapatkan bijih bauksit, pemerintah terus melakukan eksplorasi sampai pada tahun 2009. Wilayah yang dijadikan sebagai lahan tambang bauksit kemudian dilakukan reklamasi. Reklamasi dilakukan di wilayah yang dulunya digunakan sebagai tambang dari bijih bauksit.

Itulah beberapa daerah penghasil bauksit di Indonesia. Hasil tambang bauksit di Indonesia sangat melimpah. Bahkan dalam satu tahun, tambang dapat menghasilkan berton-ton bijih bauksit yang siap diolah menjadi alumunium. Baik dalam bentuk bijih maupun alumunium, keduanya memiliki nilai jual yang tinggi.


Daerah Penghasil Bauksit Terbesar di Indonesia - President post

Belum ada Komentar untuk "5 Daerah Penghasil Bauksit Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel