Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wilayah Kekuasaan Kerajaan Demak

Wilayah Kekuasaan Kerajaan Demak

Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam tertua di daerah Jawa. Awal mulanya kerajaan ini didirikan oleh Raden Patah yang sekaligus menjadi raja pertama di kerajaan ini. Kerajaan Demak ini memiliki luasan wilayah kekuasaan yang sangat luas. 

Secara geografis kerajaan Demak ini terletak di daerah Demak, Jawa Tengah. Kerajaan Demak dulunya adalah bagian dari wilayah kekuasaan kerajaan Majapahit, sampai akhirnya kesultanan Demak meminta bantuan kepada bupati dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Setelah itu kerajaan Demak dapat berdiri sendiri.

Baca juga: Peninggalan Kerajaan Demak

Lokasi kerajaan Demak ini memiliki posisi yang cukup strategis, yang dimana kerajaan ini diapit oleh dua pelabuhan besar. Pelabuhan tersebut adalah pelabuhan Jepara dan pelabuhan kerajaan Majapahit kuno.

Dengan lokasinya yang strategis, wilayah kekuasaan dari kerajaan Demak ini cukup luas. Pada masa pemerintahan Raden Patah, kerajaan Demak ini berhasil memperluas wilayah kekuasaan kerajaan Demak.


Perluasan wilayah yang dilakukan oleh Raden Patah ini dapat terlihat setelah berhasil mengalahkan Girindra Wardhana yang telah merebut tahta Majapahit pada tahun 1478. Dengan berhasil menaklukan Girindrawardhana, kerajaan Demak berhasil menguasai atau mengambil alih kerajaan Majapahit.

Setelah berhasil menguasai kerajaan Majapahit, Raden Patah mengutus pasukannya yang di komando oleh anaknya yang bernama Adipati Yunus atau Pangeran Sabrang Lor untuk menguasai daerah kerajaan Portugis di tahun 1511. Utusan yang dikirimkan untuk mengalahkan atau merebut kekuasaan Portugis mengalami kekalahan sehingga Raden Patah gagal dalam memperluas kerajaan Demak sampai ke wilayah kekuasaan Portugis.


Kerajaan Demak mengalami puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Trenggono. Pada masa pemerintahan Sultan Trenggono luas wilayah dari kerajaan Demak ini meliputi daerah Jawa Timur, Jawa Barat, bahkan sampai ke daerah Jawa Tengah.

Sultan Trenggono terkenal sebagai raja yang bijaksana dan mampu menguasai atau memperluas wilayah kekuasaan kerajaan Demak sampai ke daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sultan Trenggolo ini juga berhasil menguasai Sunda Kelapa yang direbutnya dari Kerajaan Pajajaran.

Pada tahun 1527, Sultan Trenggolo ini terus memperluas wilayah kekuasaannya dan melindungi wilayahnya dari serangan kerajaan Portugis Di tahun yang sama, Sultan Trenggono berhasil menguasai daerah Tuban, Pasuruan, dan juga Surabaya.

Di tahun 1529, luas kerajaan Demak berhasil bertambah setelah Sultan Trenggono berhasil menaklukan madrun. Pada tahun 1545 Sultan Trenggolo ini memperluas kembali wilayah kerajaannya dengan menguasai daerah Malang dan Belambangan.

Itulah deskripsi mengenai wilayah kekuasaan kerajaan Demak. Puncak dari kejayaan kerajaan Demak pada masa pemerintahan Sultan Trenggolo. Sultan Trenggolo berhasil menklukan banyak daerah sehingga kerajaan Demak memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas yang meliputi hampir seluruh Pulau Jawa.


Wilayah Kekuasaan Kerajaan Demak - President post

Posting Komentar untuk "Wilayah Kekuasaan Kerajaan Demak"