Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Berbagai Jenis Lukisan Abstrak yang Populer


Kamu ingin menantang diri dan mengenal lebih jauh lukisan abstrak? Gaya lukisan ini tidak mengambil bentuk objek dan merupakan paduan warna, teknik dan media. Ada beberapa jenis aliran Abstraksionisme yang tergolong dalam lukisan yang tanpa unsur bentuk benda ini. 

Ketahui Beragam Jenis Lukisan Abstrak 

Ada banyak jenis aliran lukisan abstrakisme yang populer di Indonesia dan dunia. Lukisan abstrak termahal di Indonesia mungkin karya-karya dari Affandi. Sementara tokoh abstrak dunia bisa jadi jatuh pada Pablo Picasso. 

Abstrak mengambil sensasi perasaan atau bentuk yang dibagi dalam dua jenis. Ada abstrak geometris yang mengambil bentuk bangunan. Satu lagi adalah Abstrak Nonfiguratif yang tidak memiliki bentuk tapi diwakilkan dengan garis dan paduan warna. Berikut adalah penjelasan singkatnya. 

Abstrak Nonfiguratif 

Jenis abstrakisme ini mengekspresikan lukisan yang hasil dari perasaan dan mood. Jadi kamu akan melihat tidak ada bentuk yang jelas dari jenis lukisan abstrak ini. Teknik abstraksinya terbagi menjadi dua cara pelukisan. 

  • Color Field Painting, yaitu lukisan dengan bidang lebar dan warna cerah. Beberapa lukisan abstrak termahal di dunia mengadopsi gaya ini seperti karya dari Mark Rothko, Adolf Got Lieb, dan Bornet Newman.
  • Action Painting, adalah lukisan abstrak yang tidak terlalu mementingkan bentuk sehingga membuka ruang luas untuk interpretasi. Beberapa pelukis besar yang melukis dengan teknik ini adalah Jackson Pollock, dan Twarkov.

Abstrak Geometris 

Aliran ini tidak mengambil bentuk objek tapi masih mengacu pada bentuk ruang dan geometri. Ada banyak pelukis terkenal yang mengeksplorasi gaya melukis ini. Beberapa lukisan abstrak termahal geometris di dunia adalah berbagai lukisan Pablo Picasso atau lukisan nyentrik dari Andy Warhol. 

  • Suprematisme, yaitu lukisan geometris murni yang di pelopori oleh Kasimir Malevich.
  • Konstruktivisme, mengambil pendekatan tiga dimensi dan mempertahankan wujud abstrak. Ini adalah jenis aliran abstrakisme yang cukup populer saat ini karena digagaskan sebagai minimal art yang menarik dan trendi. 
  • Neoplastisisme, mengambil inspirasi dari berbagai warna dasar dan menampilkan ilmu pasti yang universal. Tokoh aliran ini termasuk Piet Mondrian dan Bart Van Leck.
  • Op Art atau disebut juga dengan julukan retinal art adalah jenis lukisan abstrak yang memberikan tipuan pada mata. Lukisan dengan gaya ini membuat gambar yang seolah-olah bergerak atau memberikan beberapa perspektif tergantung dari sudut pandang yang berbeda-beda. 

Itulah beberapa jenis lukisan abstrak dan pelukis terkenal yang menggeluti aliran tersebut. Tentu tidak semua pelukis menganggap mereka mengikuti sebuah aliran tertentu dan membuat lukisan sesuai dengan inspirasi mereka. Temukan berbagai hal menarik lainnya yang bisa jadi pengalaman super adventure bagimu. 

Kamu bisa mengeksplorasi berbagai seni atau petualangan lain yang mendebarkan dan seru dengan mengunjungi situs superadventure.co.id. Ada banyak petualangan yang ditawarkan. Mulai dari pengalaman menantang adrenalin sampai menikmati berbagai karya seni. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Berbagai Jenis Lukisan Abstrak yang Populer"