Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kelebihan Menggunakan Dispenser Galon Bawah yang Harus Diketahui


Saat ini dispenser merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang wajib ada. Pada  zaman dahulu, dispenser terbuat dari sebuah guci atau tempayan berbahan keramik yang gunanya untuk memudahkan kita mengambil air dari sebuah galon, tanpa adanya fungsi dari pemanas air atau pun pendingin air.

Namun seiring berjalannya waktu dan kebutuhan masyarakat, dispenser berevolusi dan mempunyai multifungsi. Sekarang dispenser yang standar yang kebanyakan tersedia di pasaran dapat menyediakan air panas dan air dingin. Dispenser kini juga menggunakan energi listrik untuk dapat merubah suhu air menjadi dingin dan panas.

Dispenser merupakan alat yang sangat wajib dan harus selalu ada. Dispenser yang dulunya hanya berada dirumah kini berubah. Bisa berada di kantor, gym, hingga kos-kosan. Hal ini dikarenakan dispenser dapat memudahkan semua pekerjaan kita. Dahulunya jika kita menginginkan air panas untuk menyeduh kopi atau teh harus memasak air dulu, namun sekarang tinggal pencet tombol air panas pada dispenser dan air panas pun dapat digunakan. Begitu juga dengan dahulu jika kita memerlukan air dingin ketika panas. Kita biasanya perlu mendinginkan air hingga berjam-jam didalam kulkas. Namun kini tidak perlu, cukup dengan menggunakan tombol air dingin, air dingin sudah siap digunakan.

Pada saat ini banyak sekali jenis dispenser yang beredar di pasaran, dispenser juga hadir dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah pekerjaan kita. Namun, dispenser hanya dapat dibagi dua kategori secara garis besar. Kategori ini berdasarkan pada tempat peletakkan untuk galonnya. Kategori tersebut ialah : dispenser galon atas ( Top loading ) dan dispenser galon bawah ( Bottom loading )

Jenis kategori dispenser bottom loading inilah yang merupakan kategori dispenser yang banyak diminati bahkan terbilang bagus untuk digunakan.  Pasalnya jenis kategori dispenser ini memiliki sebuah desain yang dapat memudahkan segala pekerjaan kita. Kita sekarang tidak perlu susah-susah lagi untuk mengganti galon dengan mengangkatnya keatas. Cukup diletakkan ke bawah dan pasang selangnya air dari galon sudah bisa terpompa otomatis keatas.

Nah, dari sebuah daya tarik inilah yang membuat orang banyak sekali menggunakan dispenser jenis kategori galon bawah ( bottom loading ). Lalu, apa kelebihan dan kekurangan jika kita menggunakan jenis galon tersebut. Untuk lebih jelasnya, saya akan sedikit menguraikan kelebihan jika kita menggunakan dispenser galon bawah.

Kelebihan dispenser galon bawah

Bagi kalian yang ingin memiliki dan menggunakan dispenser galon bawah cek dulu apa kelebihannya berikut ini.

1. Cepat saat dingin dan juga panas.

Hal ini disebabkan karena fitur pada dispenser jenis kategori ini memiliki fitur yang lebih canggih. Kategori ini cenderung memiliki kecepatan dalam merubah suhu pada air, hal ini bisa dilihat dari cepatnya air panas dan air dingin tersedia jika kita menekan tombol.

Memiliki dispenser dengan posisi galon dibawah juga akan lebih praktis dari segi penggunaannya. Pasalnya, kalian akan memerlukan waktu yang hanya beberapa menit untuk mendinginkan air dan memanaskan air tanpa menunggu lama. 

2. Memiliki desain elegan

Rata-rata dispenser dengan jenis kategori posisi galon dibawah memiliki desain yang begitu elegan dari dispenser biasa. Hal ini dikarenakan, dispenser kategori ini terbuat dari bahan yang begitu kokoh, bentuknya juga gagah dan dihadiri desain yang sangat serasi jika kalian pajang di dapur ataupun dikantor juga bisa diruang tengah rumah.

3. Aman digunakan pada anak kecil

Kita sering melihat anak-anak yang ingin sekali mengambil air di dispenser. Tidak jarang juga kita melihat berbagai kecelakaan yang terjadi pada anak ketika menggunakan dispenser. Seperti : banjir karena anak-anak terlalu lama menekan tuasnya, ataupun terkena air panas sehingga mengenai kulit sang anak.

Pada saat kalian menggunakan dispenser kategori bottom loading. Semua peristiwa yang disebutkan tadi kemungkinan kecil untuk terjadi. Pasalnya, dispenser ini memiliki desain tubuh yang tinggi, yakni sekitar dua kali lipat dari galon. Ditambah lagi dengan adanya fitur safety lock.

Fitur safety lock yang akan membuat air panas tidak langsung mengeluarkan air panas ketika tombolnya ditekan, namun ada fitur locknya yang harus digeser dulu jika kalian ingin mengambil air panas. Dengan fitur ini, diyakini anak kecil tidak dapat menggunakannya dan kalian pun tidak usah khawatir anak-anak akan terluka terkena air panas.

4. Dapat menghemat tenaga

Dahulu dispenser yang sering digunakan mengharuskan kita untuk mengangkat galon ke atas, dan meletakkannya dilubang dispenser. Seiring berkembangnya teknologi, maka diciptakanlah dispenser jenis bottom loading yang memiliki sistem pengambilan air galon yang dipompa dari bawah menggunakan pompa dan alat penyedot yang bawaan dari galon dispenser.

Maka, kita tidak akan repot dan capek mengangkat galon ke atas untuk mengganti air galon lagi. Kita cukup dengan membuka tutup galon seperti biasa, lalu dorong dengan memakai kaki atau tangan dan masukkan ke dalam dispenser. Nah, nanti kita tinggal masukkan selang dan mesin penyedotnya dan tekan sambil mendengarkan bunyi klik atau sampai tutupnya tidak bergoyang.

Berikut adalah uraian singkat dari saya tentang beberapa kelebihan menggunakan dispenser berjenis bottom loading atau dispenser posisi galon ke bawah. Harga dispenser galon bawah bisa ditemukan di berbagai marketplace terbesar, seperti Shopee. 

Posting Komentar untuk "4 Kelebihan Menggunakan Dispenser Galon Bawah yang Harus Diketahui"