Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Nama Domain Sesuai Brand, Ini Manfaatnya

Memilih Nama Domain Sesuai Brand

Penggunaan website di dalam sebuah bisnis sekarang ini bukanlah hal yang asing lagi justru semakin meningkat saja. Domain menjadi faktor penting bagi sebuah website untuk bisa lebih dikenal oleh pengguna internet sehingga menambah potensi kemajuan bisnis itu sendiri. Memilih nama domain sebaiknya memang disesuaikan dengan brand atau jenis bisnis yang dijalani.

Mengapa domain sebaiknya disesuaikan dengan merek ataupun nama bisnis Anda? Perlu diketahui bahwa nama domain bisa berfungsi sebagai identitas dari website Anda itu artinya secara tidak langsung juga menjadi identitas bisnis serta produk Anda tersebut. Domain dapat menjadi faktor yang membentuk brand awareness pada bisnis maupun produk yang Anda tawarkan kepada masyarakat.

Manfaat Menggunakan Domain untuk Bisnis Anda

Nama domain merupakan faktor yang cukup penting untuk menunjang aktivitas bisnis Anda secara digital. Bukan sebatas itu saja karena domain juga berperan untuk melindungi brand milik Anda dari penyalahgunaan serta kejahatan siber. Oleh sebab itu sangat penting juga untuk mendaftarkan domain bisnis Anda tersebut supaya terlindungi dari kejahatan siber oleh para oknum peretas.

Apakah manfaat domain hanya itu saja? Pastinya tidak karena domain juga mempunyai manfaat sebagai berikut bagi bisnis maupun produk Anda.

1. Untuk Membuat Website

Anda tidak mungkin bisa menggunakan website tanpa adanya domain. Nama domain dibutuhkan sebagai “alamat” yang akan memudahkan para pengguna internet menemukan website Anda tersebut. Ibarat mencari rumah pastinya orang akan lebih mudah menemukannya jika ada alamat yang jelas begitu juga dengan nama domain.

Memilih nama domain yang tidak terlalu panjang, mudah diingat, mudah untuk dituliskan dan menyelipkan nama bisnis Anda adalah hal yang disarankan. Salah satu fungsi domain adalah sebagai branding dari bisnis Anda sehingga penting memilih nama yang akan membuat orang mudah mengidentifikasikannya dengan produk yang ditawarkan.

Anda bisa memilih domain dengan eksistensi brand atau produk supaya brandingnya semakin kuat. Contoh domain dengan eksistensi brand misalnya Google.com. Untuk memudahkan memilihnya Anda bisa cek domain melalui tools yang tersedia ataupun internet.

2. Pembuatan Email Bisnis

Email bisnis membuat citra bisnis Anda semakin bagus dan lebih profesional sehingga kepercayaan konsumen maupun rekanan akan semakin tinggi. Pembuatan email bisnis juga membutuhkan nama domain khusus sehingga brand Anda lebih kredibel dan memiliki reputasi bagus.

Nah, oleh karena itulah mulai pikirkan untuk membuat email bisnis yang profesional dan tidak lagi memakai yang gratisan seperti Gmail, Yahoo! maupun Outlook supaya bisnis Anda terlihat lebih dipercaya oleh konsumen.

3. Mengarahkan Pelanggan ke Media Sosial

Domain juga bermanfaat untuk membantu mengarahkan pengguna internet kepada media sosial bisnis Anda. Memang hingga saat ini pengguna media sosial tercatat masih sangat tinggi dan menjadi alat pemasaran digital yang potensial. Sehingga tidak salah juga kalau masih banyak pelaku dan pemilik bisnis lebih fokus kepada media sosial sebagai alat pemasarannya.

Oleh sebab itu meskipun tidak terlalu ingin membangun website namun tetap memakai nama domain supaya konsumen yang ingin diraih bisa lebih mudah mengakses media sosial dari bisnisnya. Domain juga membantu media sosial bisnis Anda seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram dan sebagainya memiliki branding yang lebih kuat.

Sekarang saatnya Anda mulai memikirkan nama domain yang tepat dan sesuai dengan brand maupun bisnis Anda supaya bisa memenangkan pasar dibandingkan kompetitor. Nama domain juga dapat berfungsi sebagai pembeda brand Anda dengan produk sejenis milik kompetitor.

Posting Komentar untuk "Memilih Nama Domain Sesuai Brand, Ini Manfaatnya"