Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelola Inventory yang Baik Dalam Sebuah Bisnis

Cara Mengelola Inventory yang Baik Dalam Sebuah Bisnis

Inventory adalah produk, barang dagangan ataupun bahan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, yang akan dijual lagi guna menghasilkan keuntungan. Adapun jenis inventory sendiri meliputi bahan baku, barang setengah jadi, barang dalam proses dan juga barang jadi. Dimana untuk bisa menjual inventory tersebut dibutuhkan cara mengelola inventory yang benar.

Contoh inventory, sebut saja seperti penjual mainan keliling, maka yang merupakan inventory adalah mainan yang dijual. Sementara kendaraan yang digunakan untuk berjualan adalah aset. Untuk bisa mengembangkan usaha atau bisnis yang Anda punya, maka penting untuk mengelola inventory dengan baik. 

Berikut ini kami hadirkan tips atau cara mengelola inventory yang baik dalam sebuah usaha atau bisnis. Sehingga proses produksi, pemeliharaan hingga penjualan bisa berjalan efektif dan menghasilkan keuntungan sesuai harapan.

3 Cara Mengelola Inventory yang Baik

Mengelola stok barang persediaan atau inventory memang merupakan aktivitas yang kompleks. Terlebih jika ada beberapa gudang persediaan di tempat yang berbeda-beda. Tentu selain rumit juga memakan waktu. Apalagi jika bisnis yang dijalankan bergerak di bidang retail yang memiliki banyak barang.

Sebagai solusi agar pengelolaan stok barang bisa dilakukan dengan efektif, Anda bisa menerapkan beberapa cara mengelola inventory berikut ini.

  1. Buat Catatan Terperinci dan Forecast, agar ada data akurat terkait input juga output stok barang. Sementara forecast diperlukan sebagai perkiraan stok yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menentukan proses produksi agar tidak terjadi penumpukan persediaan.
  2. Buat kode untuk tiap item dan cara penyusunan barang di gudang dipisahkan tiap kode atau per itemnya. Sehingga akan lebih mudah ketika mencari ataupun mengecek ketersediaan dan juga pada saat melakukan stok opname
  3. Pisahkan stok baru dan juga lama. Jika tidak cukup space, maka bisa menerapkan sistem FIFO atau First In First Out. Sehingga stok lama bisa segera didistribusikan ke pelanggan

Untuk meningkatkan efektifitas dari tiga proses di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dari https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/. Dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud ini, Anda bisa mengelola inventory secara real time dimanapun dan kapanpun.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi inventory Anda juga akan meminimalkan kesalahan data yang mungkin terjadi jika control dilakukan secara manual. Sebuah sistem atau aplikasi yang bagus, akan menjadi aset berharga bagi bisnis Anda kedepannya. Sebab pengelolaan inventory akan lebih baik dan berdampak positif pada penjualan 

Jadi, jangan ragu lagi! Perbaiki cara mengelola inventory bisnis Anda dengan beralih ke metode otomatisasi menggunakan aplikasi inventory. Stok barang persediaan aman, proses pengecekan lebih cepat dan akurat, penjualan produk bisa terus ditingkatkan sehingga menghasilkan keuntungan dan bisnis Anda juga bisa terus berkembang.

Posting Komentar untuk "Cara Mengelola Inventory yang Baik Dalam Sebuah Bisnis"