Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Mata Uang dalam Investasi Kripto


Mata uang kripto ialah suatu aset atau alat tukar menggunakan kriptografi sebagai bentuk terhadap pengamanan transaksi keuangan digital. Bicara mengenai jenis mata uang kripto, Bitcoin merupakan jenis yang paling populer. Namun, masih banyak jenis mata uang digital lainnya yang dapat Anda gunakan ketika akan investasi kripto.

Sebelum membahas beberapa jenis mata uang pada investasi crypto, perlu Anda ketahui jika jenis mata uang ini tidak seperti mata uang yang pemerintah keluarkan yang diatur oleh otoritas perbankan. 

Uang kripto secara penuh tidak dikeluarkan atau diatur oleh pemerintah atau otoritas manapun. Walaupun, tidak berbentuk fisik seperti layaknya mata uang yang biasanya kita gunakan. Namun, tidak perlu khawatir, karena mata uang dalam investasi kripto di Indonesia tersebut dapat Anda cairkan ke dalam rupiah kapan saja.

Inilah Jenis Mata Uang dalam Investasi Kripto

Nah, inilah 4 jenis mata uang yang dapat Anda lakukan untuk melakukan investasi kripto:

Bitcoin

Jika kami bandingkan dengan jenis mata uang lain, Bitcoin merupakan mata uang kripto paling tua dan populer di dunia. Pertama kali Bitcoin dibuat yaitu tahun 2009. Ini adalah jenis mata uang pertama yang memfasilitasi adanya transaksi mata uang digital menggunakan teknologi blockhain.

Dogecoin

Selanjutnya, jenis mata uang dalam investasi kripto ini, menggunakan nama ikon populer. Ya, Dogecoin tidak kalah populer dari Bitcoin. Apalagi harga pada investasi kripto terpercaya saat ini semakin tinggi. Sebabnya, mata uang ini mendapatkan dukungan dari CEO Tesla Elon Musk. Bedanya, Dogecoin tidak memiliki batasan timbangan jumlah seperti Bitcoin.

Ethereum

Mata uang yang dapat Anda gunakan dalam investasi crypto berikutnya ini juga sama menggunakan teknologi blockhain yang memfasilitasi kontrak pintar. Ethereum merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan jaringannya berjalan tanpa kendali. 

Litecoin

Pertama kali Litecoin dibuat oleh seorang insinyur Google pada tahun 2011. Mata uang ini merupakan salah satu dari banyaknya uang digital dengan teknologi yang sama seperti Bitcoin. Menariknya, Litecoin memiliki tingkat yang lebih cepat karena dapat menawarkan waktu transaksi yang lebih cepat.

Semua mata uang digital untuk transaksi investasi kripto tersebut memiliki nilai berbeda-beda. Misalnya, Bitcoin. Saat ini, harga satu coinnya saja telah berada di atas 600 ribu rupiah. 

Posting Komentar untuk " Jenis-jenis Mata Uang dalam Investasi Kripto"