Cara Kerja IBM Cognos Analytics 

Body:

Sebagai solusi terdepan dalam memecahkan berbagai problematika Business Intelligence (BI) perusahaan, IBM Cognos Analytics memiliki keunggulan utama dalam proses dan sistem analisis data yang komprehensif dan efisien.

Namun, bagaimana sebenarnya cara kerja IBM Cognos Analytics dalam mendukung output maksimal sebuah perusahaan? Berikut adalah empat komponen utama dalam cara kerja IBM Cognos Analytics!

1. Pemodelan Data Berbasis Web

IBM Cognos Analytics memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengimpor data dari berbagai sumber, termasuk sumber internal maupun pihak ketiga. Mulai dari dari file CSV, spreadsheet, sumber data cloud, atau on-premises seperti SQL Database, Google BigQuery, Amazon Redshift, dan lainnya. 

Dengan ini, Anda sebagai pengguna dapat dengan mudah mengakses dan menggabungkan data dari berbagai sumber untuk membangun pemahaman yang lebih holistik.

Tak hanya itu saja, IBM Cognos Analytics menyediakan kemampuan analisis tanpa mengharuskan user memiliki latar belakang ilmu data yang signifikan. Anda sebagai pengguna dapat memvalidasi pengetahuan dan wawasan bisnis, mengidentifikasi aspek yang tidak diketahui untuk proses prediksi, dan melakukan estimasi rangkaian waktu dengan akurat secara statistik. 

Cara kerja ini memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengenali pola data yang signifikan dan membuat keputusan yang lebih terinformasi. 

2. Dashboard Interaktif untuk Laporan Perusahaan

IBM Cognos Analytics memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk membuat dan berbagi laporan yang dipersonalisasi secara otomatis. Dengan fitur pembaruan laporan yang otomatis, seluruh pemangku kepentingan di perusahaan Anda dapat akses yang lebih cepat untuk memperoleh informasi terkini. 

Tak hanya itu, cara kerja dashboard IBM Cognos Analytics memungkikan laporan-laporan dibuat dengan format yang diinginkan oleh pemangku kepentingan. Dengan ini, Anda dapat menghadirkan laporan bisnis dengan fleksibilitas yang relevan, serta proses penyampaian informasi dengan cara yang paling efektif.

3. Eksplorasi dan Prediksi Data

IBM Cognos Analytics juga memfasilitasi pembuatan dashboard interaktif dengan cepat. Anda sebagai pengguna dapat dengan mudah mengeksplorasi data dengan menarik dan melepas elemen data untuk membuat visualisasi yang dinamis. 

Hal ini memungkinkan perusahaan Anda untuk mengeksplorasi detail-data secara mendalam. Tak sampai di situ, laporan data ini juga dapat dibagikan hasilnya melalui working tools seperti email atau platform kolaborasi seperti Slack dengan cepat.

4. Integrasikan dengan IBM Watsonx.ai

IBM Cognos Analytics dapat diintegrasikan dengan IBM Watsonx.ai, memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan wawasan menggunakan bahasa alami. Asisten AI ini dapat berinteraksi dengan berbagai sumber data yang dipilih oleh pengguna. Selanjutnya, pengguna dapat meminta asisten untuk membuat bagan dan dashboard secara otomatis, mempermudah proses visualisasi dan berbagi informasi.

Selain itu, platform ini menyediakan fitur persiapan data yang dibantu AI, memungkinkan pengguna untuk menghemat waktu dalam membersihkan dan mempersiapkan data. Dengan kemampuan ini, pengguna dapat melakukan berbagai tugas, seperti membersihkan data dari sumber yang berbeda, menambahkan kolom kalkulasi, menggabungkan data, dan membuat tabel baru dengan efisiensi tinggi.

Dengan fitur-fitur ini, IBM Cognos Analytics memberikan solusi BI yang komprehensif, memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengoptimalkan analisis data, membuat keputusan berbasis data, dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Tinggalkan komentar