close

Facebook Analytics: Apa Itu Pixel dan Seperti Apa Kegunaannya?

Bicara soal Facebook analytics, rasanya tak bisa lepas dari yang namanya Facebook Pixel – yang sekarang berganti nama jadi Meta Pixel. Lalu, apa yang dimaksud dengan Pixel, ya?

Facebook atau Meta Pixel adalah sebuah kode yang Anda tempatkan di website Anda. Kode tersebut akan mengumpulkan data yang dapat membantu Anda melakukan tracking konversi dari Facebook ads, mengoptimasi ads, membangun target audiens untuk ads selanjutnya, hingga remarketing ke orang-orang yang sebelumnya sudah pernah melakukan tindakan tertentu di website Anda.

Di dalam Pixel, terdapat 17 standard events yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  1. Purchase.
  2. Lead.
  3. Complete registration.
  4. Add payment info.
  5. Add to cart.
  6. Add to wishlist.
  7. Initiate checkout.
  8. Search.
  9. View content.
  10. Contact.
  11. Customize product.
  12. Donate.
  13. Find location.
  14. Schedule.
  15. Start trial.
  16. Submit application.
  17. Subscribe.

Anda juga bisa menambahkan lebih banyak detail ke dalam standard event menggunakan kode yang disebut sebagai parameter. Lewat parameter, Anda akan bisa meng-custom standard events berdasarkan faktor-faktor seperti berapa nilai conversion event, mata uang, jenis konten, dan nilai jangka panjang yang diprediksikan.

Untuk lebih mudah dalam memahami data yang dikumpulkan Pixel di dalam Facebook analytics, Anda juga bisa gunakan tool pihak ketiga seperti Matamaya, lho!

Tinggalkan komentar