Close

Lakukan Persiapan yang Matang Sebelum Program Hamil

Setiap pasangan suami istri yang telah menikah pasti memiliki keinginan untuk mendapatkan buah hati dengan cepat, dan mudah. Sayangnya, tidak semua pasangan suami istri merasakan hal tersebut. Untuk itu, mereka harus melakukan program hamil agar impian mereka segera terwujud.

Persiapan Sebelum Program Hamil

Merancanakan kehamilan bukanlah yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Butuh proses yang cukup panjang dan tentunya biaya yang tidak sedikit. Anda perlu mempersiapkan hal penting agar program untuk memilliki anak berhasil.

Berikut ini ada beberapa hal yang mesti Anda persiapkan sebelum merencanakan kehamilan.

1. Persiapkan Mental dan Finansial

Sebelum Anda merencanakan kehamilan, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan mental. Pasalnya, kesehatan mental yang Anda miliki bisa dikatakan menjadi faktor utama dalam keberhasilan program kehamilan. Untuk itu, jaga kesehatan mental agar tetap dalam keadaan yang baik.

Menjaga kondisi mental bisa Anda lakukan dengan menghindari hal-hal yang membuat Anda stress, dan mental down. Jika Anda kesulitan dalam menjaga kesehatan mental, atau ada masalah mental, Anda melakukan konsultasi dengan psikolog.

Selain kondisi mental, Anda juga perlu mempersiapkan finansial Anda. Pasalnya, melakukan program agar Anda bisa hamil membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kemudian, setelah anak Anda lahir, Anda perlu biaya yang cukup untuk membesarkan si Anak, dari segi kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

2. Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Saat Anda akan melakukan program hamil, ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Apalagi jika Anda sudah berusia 30 tahun ke atas, sudah bertahun-tahun belum hamil, dan memiliki penyakit tertentu.

Melakukan diskusi perlu Anda lakukan agar Anda bisa tahu progam apa yang perlu Anda jalani. Namun, sebelumnya pasti dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Dengan pemeriksaan kesehatan, dokter bisa mengetahui masalah yang membuat Anda belum juga hamil. Apakah masalah ada pada masalah reproduksi atau Anda memiliki riwayat penyakit. Jika pun Anda memiliki riwayat penyakit, apakah hal tersebut nantinya bisa memengaruhi kehamilan atau tidak.

Oh ya, jangan lupa konsultasi dan lakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter yang berpengalaman, seperti di tanyaDNA.  Di tanyaDNA Anda bisa melakukan tes DNA untuk mnegecek kesehatan Anda. Ada juga sesi konsultasi tentang kehamilan, dan gaya hidup. Informasi lengkapnya kunjungi tanyadna.id.

3. Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal perlu Anda miliki jika Anda ingin cepat hamil. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berat badan ideal Anda. Lalu, bandingkan dengan berat badan Anda sekarang, apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum.

Jika berat badan Anda masih rendah dan jauh dari kata ideal, maka Anda perlu menambah berat badan Anda. Sedangkan, jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, Anda perlu melakukan diet.

Menambah atau mengurangi berat badan bisa Anda lakukan dengan cara memperhatikan pola makan. Terkait masalah mengatur pola makan, Anda bisa menanyakan ke dokter kandungan saat sesi konsultasi.

4. Jalani Hidup Sehat

Merencanakan program hamil perlu Anda barengi dengan menjalani hidup sehat. Di sini, Anda bisa mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung protein, antioksidan dan serat yang tinggi. Kandungan tersebut bisa Anda temukan pada sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah, ikan, telur, serta susu.

Sebaiknya, hindari makanan dan minuman yang mengandung gula yang tinggi, karena bisa membuat Anda memilii berat badan tinggi dan diabetes. Jangan lupa hindari makanan serta minuman berkafein. Kafein bisa membuat Anda sulit hamil.

Hidup sehat juga bisa Anda lakukan dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga rutin berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan Anda. Selain itu, olahraga mampu membantu tubuh untuk adaptasi saat nanti Anda hamil atau serta melahirkan.

Anda bisa melakukan olahraga apa pun yang Anda gemari, dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Namun, jangan lupa untuk melakukannya selama 30 menit saja setiap hari.

5. Mengonsumsi Suplemen Tambahan

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen tambahan berupa asam folat. Asam folat sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Manfaat lain dari asam folat yaitu untuk mencegah bayi dari penyakit atau cacat bawaan lahir.

Itulah persiapan yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin melakukan program hamil. Semoga dengan persiapan yang matang seperti penjelasan di atas, impian Anda untuk mendapatkan momongan segera terwujud.

Tinggalkan komentar