Close

Pengertian Cloud Storage Terbaik Beserta Fungsinya

Salah satu bidang komputasi awan yang saat ini sering digunakan yaitu Cloud Storage terbaik. Dengan adanya cloud storage media penyimpanan bisa berupa perangkat lunak berbasis awan yang digunakan kapanpun dan dimanapun.

Melalui keuntungan ini pastinya setiap orang akan mempertimbangkan menggunakan cloud storage sebagai solusi penyimpanan file penting. Namun kenyataannya masih banyak orang yang kurang memahami definisi dari cloud storage ini.

Pengertian Cloud Storage Terbaik

Cloud adalah sebuah teknologi terbaru yang memanfaatkan awan atau internet sebagai media server kendali terhadap software yang digunakan. Sementara itu, storage merupakan media penyimpanan seperti harddisk komputer dan flashdisk dengan bentuknya lebih mungil.

Meskipun pemakaian flashdisk saat ini dianggap lebih efisien, namun ada kalanya Anda kehilangan data. Hal inilah yang yang menjadi salah satu faktor berkembangnya penggunaan cloud storage.

Jadi Cloud storage adalah media penyimpanan data yang memanfaatkan teknologi internet sehingga hanya memerlukan gadget dan koneksi internet untuk dapat mengoperasikannya. Dengan melihat tren internet yang saat ini, tentunya tidak sulit mendapatkan koneksi dimanapun dan kapanpun.

Bahkan, hampir setiap sisi rumah menggunakan Wi-Fi atau setidaknya internet di handphonenya masing-masing. Hanya dengan menggunakan cloud storage Anda bisa mengupload file untuk menyimpan dan mendownload bila ingin menggunakan lagi.

Namun sangat disayangkan dalam hal privasi banyak diragukan, kecuali bila Anda menggunakan versi berbayar. Selain itu, pemakaian koneksi internet yang tidak stabil juga bisa menjadi kelemahan dari cloud storage.

Fungsi dari Cloud Storage

Fungsi utama Cloud storage terbaik sebagai media penyimpanan yang berbasis internet sehingga bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Contoh dari aplikasi cloud storage, yaitu Google Drive dan Dropbox.

Sebetulnya, masih banyak contoh aplikasi lain namun dua aplikasi ini paling mudah dan sering digunakan sehingga Anda lebih mudah mengerti. Seringkali Anda melihat adanya tautan atau link download yang memanfaatkan Google Drive dan bisa diunduh tanpa harus login.

Hal ini berarti dengan cloud storage Anda juga bisa membagikan atau menshare file tertentu yang biasanya ditautkan ke website atau dibagikan langsung linknya. Selain file Anda juga dapat menshare folder tertentu ke publik.

Namun, tetap harus bisa diperhatikan file mana yang harus dibagikan agar privasi bisa tetap terjaga. Selain itu dengan memanfaatkan cloud storage, Anda juga bisa menangani pekerjaan dengan multi platform.

Hal ini berarti Anda bisa mengakses file yang disimpan di cloud storage tidak hanya di komputer rumah saja. Namun, semua media dan tentu saja harus menggunakan koneksi internet.

Ada setting khusus pada cloud storage sehingga Anda bisa melakukan share dan perubahan di file yang disimpan tanpa harus didownload. Dengan begitu, pekerjaan yang Anda simpan di http://cloudstorage.co.id/ dapat lebih cepat selesai.

Tinggalkan komentar