close

Tips Menanggapi Komplain Pelanggan Laundry

Komplain pelanggan tentu merupakan salah satu hal yang sangat dihindari setiap pelaku bisnis, tak terkecuali dalam bidang laundry. komplain umumnya terjadi karena beberapa hal yang tentunya cukup mengganggu mobilitas pelanggan. Diantaranya adalah adanya kendala waktu dan juga kualitas yang diberikan.

Tak mengherankan jika pelanggan terkadang merasa kesal jika pakaian yang dilaundry tidak tepat waktu atau pakaian yang sudah di laundry masih terdapat noda, sisa deterjen dan sebagainya. Hal ini akan sangat berdampak buruk jika terus dibiarkan. Awalnya mungkin hanya ada 1 atau 2 pelanggan yang mengeluh, namun ini memberi efek yang sangat berpengaruh.

Karena bisa saja dari ketidakpuasan pelanggan terhadap kualitas laundry yang diberikan membuat proses laundry yang selanjutnya akan terhambat. Sehingga anda tidak dapat mengabaikan komplain pelanggan dan harus mencari cara terbaik mengatasi hal ini. berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menanggapi komplain pelanggan laundry.

Langkah Jitu Menangani Komplain Pelanggan Laundry dengan Sebaik Mungkin

1. Menanggapi semua komplain pelanggan dengan sabar

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam menanggapi komplain pelanggan laundry adalah dengan cara menjawab semua protes tersebut dengan sabar. Pastikan anda tidak terbawa emosi dan terpancing suasana agar situasi tidak bertambah buruk. Anda juga harus memastikan bahwa komplain yang diajukan merupakan kesalahan dari pihak laundry anda.

Sehingga pelanggan tidak asal menuduh dan mengajukan komplain palsu. Hal ini juga harus dilakukan secara hati-hati tanpa menyinggung pihak pelanggan. Jika memang terbukti kesalahan dari pihak outlet maka anda harus bertanggung jawab. Anda dapat memberikan program promo dan penawaran menarik lainnya sebagai ganti rugi.

2. Memanage waktu dengan sangat baik

Waktu adalah hal yang sangat penting. Terutama untuk pelanggan, dimana seluruh pelanggan dari segi aspek dan bidang apapun akan sangat senang jika barang atau jasa yang di pesan cepat sampai. Sehingga anda dapat mengatur waktu yang pas agar tidak terjadi keterlambatan dalam memproses sebuah pesanan pelanggan.

Untuk hal yang satu ini juga dapat anda tingkatkan dengan menambah budget untuk pelanggan yang ingin didahulukan atau membutuhkan pakaian diproses dalam waktu 24 jam. Sehingga anda juga dapat memperoleh keuntungan lebih karena kecepatan yang anda berikan kepada pelanggan tergolong cepat.

3. Mengawasi pegawai laundry untuk memberi hasil yang maksimal

Langkah selanjutnya dalam menanggapi komplain pelanggan laundry tentunya dipengaruhi dari proses berjalannya operasional laundry, terutama pada saat mencuci pakaian pelanggan. Anda harus lebih mengawasi kinerja karyawan dalam mengerjakan cucian pelanggan. Jangan sampai hasil yang diberikan kurang maksimal.

Untuk mempermudah proses melihat kinerja karyawan anda dapat mempercayakan Saku Laundry sebagai salah satu Aplikasi Kasir Laundry Terbaik. Dimana aplikasi laundry ini dapat diandalkan untuk mengawasi kinerja karyawan melalui smartphone berbasis android. Sehingga cek performa karyawan laundry terasa lebih mudah.

Selain itu, aplikasi laundry ini akan memberikan kenyamanan dan rasa aman akibat kecurangan pegawai yang dapat terjadi. Diantaranya adalah, pakaian pelanggan tidak sesuai jumlah awal, pemalsuan nota atau bukti pembayaran hingga menjalankan mesin laundry yang berlebih atau tidak sesuai dengan order pelanggan.

4. Membuat komplain sebagai motivasi

Hal positif yang dapat diambil dari menanggapi komplain pelanggan laundry adalah, anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai evaluasi dan motivasi untuk membangun laundry usaha laundry lebih maju. Tidak selamanya kritik menjadi hal yang buruk bagi pelaku usaha, bisa saja hal ini dapat menjadi evaluasi bisnis untuk memberikan yang terbaik.

5. Terus mengembangkan usaha outlet laundry

Langkah terakhir dalam menanggapi komplain pelanggan laundry adalah anda dapat mengembangkan laundry agar lebih maju. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara menjalankan bisnis laundry on-demand atau layanan antar jemput laundry. Hal ini juga dapat digunakan dengan mudah pakai Saku Laundry.

Tinggalkan komentar