Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mommil Wajib Tahu, Inilah Tanda Kehamilan Sehat!

Tanda Kehamilan Sehat

Masa kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu setiap pasangan. Ketika hal ini terjadi, banyak Mommil yang mengalami perubahan signifika. Namun, Mommil tidak perlu khawatir, karena hal ini wajar terjadi dalam masa kehamilan.

Masa kehamilan terbagi menjadi 3 trimester. Masing-masing trimester memiliki tada-tanda yang berbeda. Apa saja tanda-tanda tersebut? Apakah Mommil juga merasakannya?

Tanda-Tanda Kehamilan Sehat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memasuki masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi. Mengatasi hal ini, Mommil tidak perlu khawatir, karena setiap perubahan wajar terjadi dalam masa kehamilan. 

Trimester I

Tahap trimester I dimulai dari hari pertama terakhir haid hingga memasuki akhir Minggu ke-12. Mommil akan mengalami banyak perubahan. Di antara perubahan yang kerap terjadi antara lain sebagai berikut:

Perubahan Fisik

Mommil akan merasakan mual, terutama di pagi hari. Selain itu, rasa lelah pun kerap menghadang. Jadi, Ayah jangan aneh jika melihat Mommil ingin terus-menerus tidur. Bagian payudara yang mulai membesar serta area puting susu warnanya menjadi lebih gelap. Seorang Mommil juga kerap merasakan sering buang air kecil.   

Perubahan Emosi

Selain perubahan fisik, Mommil juga akan mengalami perubahan emosi. Para Ayah hendaknya lebih pengertian pada Mommil. Pada trimester pertama, Mommil akan mengalami penurunan libido, perubahan suasana hati. Selain itu, sudah menjadi rahasia umum, seorang Mommil khawatir dan cemas terhadap perubahan bentuk tubuh. 

Trimester II

Memasuki trimester II yakni masa kehamilan 14 hingga 27 minggu, Mommil juga akan mengalami perubahan. Di antara perubahan tersebut yakni sebagai berikut:

Perubahan Fisik

Mommil akan memiliki nafsu makan yang meningkat, sehingga lebih berenergi. Cairan vagina yang dikeluarkan semakin banyak. Perubahan lainnya yaitu payudara dan perut bagian bawah semakin membesar. Mommil juga kerap merasakan gatal karena kulit perut mulai meregang. Bagian tumit dan kaki mulai membengkak.  

Perubahan Emosi

Dibanding trimester I, memasuki trimeseter II ini emosi Mommil mulai stabil. Perhatiannya terfokus pada sang anak yang akan dilahirkan. Namun, rasa cemas akan meningkat, mengingat usia kehamilan semakin bertambah. 

Trimester III

Memasuki minggu 28 hingga 40, masa kehamilan ini disebut trimester III. Perubahan yang terjadi pada Mommil antara lain:

Perubahan Fisik

Janin bisa menendang dengan keras, gerakannya mulai tampak dari luar. Mommil kerap merasa kepanasan karena suhu tubuh semakin meningkat. Umumnya, Mommil akan merasakan kontraksi rahim. Hal ini dimulai dengan adanya cairan putih encer dari payudara (kolostrum). Selain itu, cairan vagina semakin meningkat dan mulai mengental.

Perubahan Emosi

Mommil memiliki emosi yang lebih gembira bercampur rasa takut. Hal ini dikarenakan masa persalinan semakin dekat. Banyak kekhawatiran yang menghantui pikiran Mommil. Hal ini harus ditepis dengan emosi yang lebih menenangkan.

Agar Mommil lebih tenang, bisa mengikuti program kehamilan, salah satunya yang disuguhkan Kehamilan Sehat atau bisa kunjungi situs https://kehamilansehat.com/id/program-kehamilan/. Program yang disajikan aman dan mudah dengan harga yang kompetitif, dimulai dengan harga Rp. 1000.000,- Mommil dan Ayah bisa berkonsultasi dengan dokter SpOG yang lebih berpengalaman. 

Posting Komentar untuk "Mommil Wajib Tahu, Inilah Tanda Kehamilan Sehat!"