close

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet di Asuransi Tokio Marine Indonesia

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan cara klaim asuransi mobil lecet. Terutama untuk Anda yang menggunakan asuransi tokio marine Indonesia. Asuransi mobil yang satu ini cukup banyak customer gunakan karena kelebihannya dalam menangani masalah kendaraan terutama kendaraan roda empat.

Proses klaim asuransi adalah salah satu tindakan permintaan resmi dari pihak pemilik kendaraan kepada pihak asuransi. Permintaan tersebut biasanya berupa permintaan pertanggungjawaban sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah itu, tindakan selanjutnya yang biasanya terjadi adalah tindak lanjut dari pihak asuransi. Sehingga, pemilik kendaraan yang meminta pertanggungjawaban mendapatkan pembayaran dari pihak asuransi.

Akan tetapi, proses pengiriman permintaan pertanggungjawaban kepada pihak asuransi harus Anda buat dan kirimkan sesuai dengan format yang berlaku. Sehingga proses dan cara klaim asuransi mobil lecet di asuransi mobil tokio marine Indonesia bisa berjalan dengan lancar dan cepat mendapatkan respon.

Langkah dan Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet yang Tepat

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan asuransi dari pihak asuransi tokio marine Indonesia. Jenis asuransi mobil yang bisa Anda klaim saat mobil lecet adalah jenis asuransi All Risk. Yuk, simak ulasan berikut ini dengan lengkap untuk mengetahui cara klaim mobil lecet yang benar.

1. Tindakan Awal untuk Klaim Asuransi Mobil Lecet

Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk bisa mendapatkan pertanggungjawaban dari asuransi tokio marine Indonesia adalah melakukan dokumentasi. Jika Anda baru saja mengalami kecelakaan, pastikan Anda mengambil dokumentasi berupa foto atau video pada bagian mobil yang lecet.

Pastikan hasil dokumentasi tersebut jelas dan tersimpan dengan baik di dalam perangkat Anda. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengajukan klaim asuransi mobil lecet pada pihak asuransi mobil menggunakan dokumentasi tersebut.

2. Menyiapkan Dokumen dan Berkas sesuai Ketentuan

Setelah mengalami kecelakaan, Anda bisa langsung melaporkan kejadian kecelakaan yang mengakibatkan mobil lecet kepada pihak asuransi. Sehingga Anda akan diminta untuk menyiapkan dokumen dan berkas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Setiap pihak asuransi memiliki ketentuan yang berbeda-beda antara satu dan yang lain. Terutama pada bagian dokumen pelengkap untuk mendapatkan pertanggungjawaban dari pihak asuransi kepada pemilik mobil yang lecet.

3. Mengisi Formulir Klaim Asuransi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda tempuh untuk bisa melakukan klaim atau pertanggungjawaban dari pihak asuransi mobil adalah mengisi formulir. Pada saat Anda melaporkan kejadian kecelakaan kepada pihak asuransi, Anda akan mendapatkan pengarahan untuk mengisi formulir.

Anda perlu mengisi formulir khusus permintaan pertanggungjawaban klaim mobil lecet, baik secara online maupun offline. Namun, setelah terjadi pandemi Covid 19, sebagian besar pihak asuransi menggunakan pengisian formulir klaim asuransi secara online menggunakan website atau situs resmi.

Hal-hal yang perlu Anda isi dalam formulir klaim pertanggungjawaban kepada pihak asuransi mobil seperti halnya data diri pemilik asuransi. Selain itu, Anda juga perlu mengisi dengan detail permasalahan yang terjadi pada mobil dan lain sebagainya. Pastikan data dan informasi yang Anda isi sesuai dengan fakta dan kronologi kejadian.

4. Mendatangi Bengkel Rekanan Pihak Asuransi

Setelah melakukan pelaporan dan pengisian formulir, Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Pilihlah bengkel yang menjadi rekanan atau memiliki kerjasama dengan pihak asuransi mobil.

Anda bisa melakukan pengecekan daftar bengkel rekanan asuransi tersebut untuk bisa melakukan klaim asuransi mobil. Selain itu, Anda bisa memilih bengkel rekanan yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda untuk memudahkan Anda memantau proses perbaikan.

5. Jangka Waktu Pemrosesan Klaim Asuransi

Bagi Anda yang menggunakan asuransi tokio marine Indonesia, proses untuk melakukan klaim mobil biasanya paling lama membuat waktu 6 hari. Yaitu 6 hari di hari kerja aktif setelah Anda menyerang dokumen dan mengisi formulir.

Pentingnya peranan dan banyaknya manfaat asuransi mobil membuat Anda perlu memilikinya. Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik dengan jenis TLO maupun All Risk, bisa Anda pilih dan beli secara online. Yaitu menggunakan situs resmi Lifepal yang menyediakan banyak pilihan dan jenis asuransi yang terpercaya.

Bagaimana, mudah bukan cara melakukan klaim pertanggungan mobil lecet kepada pihak asuransi? Demikian ulasan singkat mengenai cara klaim asuransi mobil lecet kepada pihak asuransi tokio marine Indonesia, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar