Hampir semua orang kini menggunakan media sosial. Entah untuk berkomunikasi, sekedar menunjukan eksistensi diri, sebagai portal akses tren terbaru, hingga untuk memburu produk atau jasa dari sejumlah bisnis yang eksis dalam media sosial.
Nah, apakah Anda sekarang memiliki suatu bisnis yang tengah dijalani? Jika iya, maka sukseskan bisnis Anda lewat social media marketing. Sebab, strategi pemasaran digital satu ini sangat efektif untuk menjangkau audiens dan tentunya mudah dilakukan.
Apa Itu Social Media Marketing?
Perlu Anda ketahui, social media marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang memanfaatkan media sosial untuk membangun citra dan merek bisnis, meningkatkan penjualan, serta mengarahkan lalu lintas pada website.
Bisa dibilang, ini merupakan jalan promosi digital yang melibatkan komunikasi 2 arah. Jadi, bisnis Anda bisa menyapa audiens entah itu pelanggan lama atau calon pelanggan, sehingga mereka lebih mempercayai bisnis yang Anda miliki.
Tidak cuma itu, karena media sosial dilengkapi dengan algoritma dan analitik data, maka ini pastinya sangat berguna membantu Anda melakukan pelacakan keberhasilan upaya pemasaran. Sudah pasti termasuk pula identifikasi cara pemasaran media sosial yang terbaik.
Bagaimana Media Sosial Menyukseskan dan Mengembangkan Bisnis?
Dalam rangka mendorong kesuksesan dan perkembangan bisnis Anda, social media marketing bekerja melalui kapasitasnya dalam bidang pemasaran. Diantaranya yakni koneksi, interaksi, dan data pelanggan. Berikut adalah masing-masing penjelasannya:
- Koneksi
Media sosial tidak cuma menjadi wadah interaksi antara bisnis Anda dengan pelanggan setia. Namun, ia pun berguna sebagai penghubung untuk para audiens yang berpotensi menjadi calon pelanggan baru.
- Interaksi
Maksud interaksi di sini tidak terbatas antara bisnis Anda dengan para audiens. Akan tetapi juga pada masyarakat non audiens lainnya yang berpotensi untuk menjadi audiens hingga pelanggan setia.
Hal ini dikarenakan bahwa media sosial mampu untuk menciptakan eWOM (electronic word of mouth) yang berarti pemasaran mulut ke mulut secara elektronik, khususnya lewat jejaring sosial.
Jadi, ketika audiens atau pelanggan setia bisnis Anda mendapati kesan yang baik tentang konten maupun produk atau jasa yang melintas pada timeline mereka dari bisnis Anda, pastinya tidak sedikit dari mereka yang membagikannya pada orang lain.
Tidak cuma menghasilkan eWOM, tentu saja interaksi yang terjadi dalam media sosial ini berguna untuk mengukur ekuitas sosial, yakni istilah untuk laba atas investasi dari kampanye melalui social media marketing.
- Data Pelanggan
Rencana social media marketing yang dirancang secara optimal dapat memberikan performa terbaik dan bernilai tinggi, sehingga bisa menghasilkan data pelanggan yang berguna untuk meningkatkan hasil pemasaran.
Selain itu, fitur yang ada di dalam media sosial dapat mempermudah Anda dalam memproses data besar berupa volume, variasi, dan kecepatan. Jadi, Anda sekarang tidak akan kewalahan tentang ketiga hal tersebut.
Kapasitas fitur satu ini pun tidak hanya sebagai pengekstrak data pelanggan. Namun, juga sebagai pengubah data besar tersebut menjadi analisis pasar yang bisa Anda jadikan acuan dalam menciptakan strategi baru dalam pemasaran media sosial.
Bagaimana Social Media Marketing Bekerja?
Singkat kata, strategi digital marketing satu ini bekerja dengan rencana aksi, manajemen hubungan pelanggan, konten yang akan dibagikan, media yang diperoleh, viral marketing, segmentasi pelanggan, dan metrik pelacakan.
Tentu saja jika ingin mendalaminya satu per satu Anda perlu mencarinya dari berbagai sumber. Maka demikian, jika Anda tidak mau ribet dalam urusan konten marketing, maka sebaiknya serahkan kebutuhan pemasaran bisnis Anda pada IndonesianWriter!